Tahu Tek-tek Kuliner Asli Kota Surabaya

Tahu Tek-tek atau biasa dikenal dengan tahu telor, termasuk salah satu sajian kuliner khas Jawa Timur, khususnya kota Surabaya. Makanan ini dianggap sebagai jajanan favorit yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan.

Perpaduan antara nikmatnya tahu dan saus kacang pedas dan gurih sungguh bisa menggoyang lidah. Ditambah dengan kerupuk udang yang renyah, rasanya juga menjadi lebih ramai dan tak terlukiskan dengan kata-kata.

Tahu tek-tek berbahan dasar tahu goreng setengah matang yang dipotong-potong, dicampur lontong, tauge, telur goreng, kacang yang dihaluskan, kecap dan petis. Petisnya, bisa terbuat dari pindang, kupang dan udang yang dipanasi hingga berbentuk cairan kuah yang kental seperti saus. Makanan ini sangat cocok bagi penggemar makanan tahu dan saus kacang.

Nama makanan tahu tek-tek, bisa dibilang diciptakan dengan tidak sengaja. Konon menurut orang tua saia, nama tahu tek-tek berasal dari suara gunting yang digunakan untuk memotong-motong bahan tersebut. Namun ada versi lain yang menyebutkan, nama tahu tek-tek diberikan lantaran pedagangnya selalu memukul-mukul pantat wajannya sehingga berbunyi tek..tek..tek..

Terakhir kabar yang saia dengar dari teman-teman, harga tahu tek-tek seporsi kisaran Rp 6 – 8 ribu. Tergantung dari harga tahu dan petis yang digunakan. Semakin baik tahu dan petis yang digunakan, biasanya semakin mahal harganya. Jadi jangan kaget tiba-tiba anda diharuskan membayar hingga Rp 25 ribu di salah satu depot / restoran.

Hebatnya lagi, makanan ini mulai ekpansi hingga ke Makassar. Baik itu di jalanan, pedagang kaki lima, depot hingga restoran. Anda tertarik untuk mencobanya? Datangi bakul tahu tek-tek terdekat :D

 

About banistuti

I'm not a perfect person There's many things I wish I didn't do But I continue learning ★☆。.:*:・゚★('-^v) (y)◦°˚(y)

Posted on May 3, 2013, in Wisata. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: