Google Glass Bisa Merusak Mata?

Amerika Serikat – Dengan fungsinya yang amat beragam, maka bisa diprediksi kacamata pintar Google akan sering dipakai para penggunanya. Lalu, adakah dampak negatif bagi mata Anda?

Google Glass memang bukan kacamata biasa, dan kacanya memang tidak berukuran seperti kaca pada umumnya. Ukurannya kecil, dan hanya ada di depan mata kanan.

Namun melalui kaca mungil tersebut pengguna dijanjikan dapat melihat dengan jelas. Kira-kira mirip dengan melihat TV HD berukuran 25 inch dari jarak 2,5 meter.

Akan tetapi Google juga mengeluarkan peringatan bagi para pengguna Google Glass. Kacamata tersebut dilarang dipakai oleh pengguna yang masih di bawah usia 13 tahun.

“Anak-anak di bawah 13 tahun dilarang memakai Google Glass, karena bisa membahayakan pertumbuhan penglihatan,” tulis peringatan Google.

Dalam halaman tanya jawab di situs Google juga dijelaskan bahwa sebagian pengguna mungkin akan mengalami ketegangan mata atau sakit kepala saat memakai Google Glass, dan bagi pengguna yang pernah melakukan operasi Lasik harap berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan Google Glass.

Lalu apakah Google Glass memang berbahaya untuk mata? Menurut Dr Jim Sheedy, Direktur Riset Optometric di Pacific College of Optometry, peringatan Google terhadap Google Glass tidak beralasan.

“Saya sama sekali tidak melihat ancaman kacamata pintar terhadap kondisi anak di bawah usia 13 tahun,” katanya, seperti dikutip detikINET dari Gizmodo, Jumat (3/5/2013).

“Peringatan produsen terhadap bahaya pemakaian oleh anak-anak mungkin karena aturan hukum,” tambah Sheedy.

Google Glass sendiri dianggap bukan salah satu faktor perusak mata seperti saat pengguna melihat laptop, atau smartphone. Karena kacamata pintar itu hanya dibekali baterai yang hanya bisa dipakai selama 1 jam.

Lagipula saat menggunakan Google Glass pengguna tidak diwajibkan melihat layar mungilnya, kacamata pintar itu juga bisa dipakai dengan perintah suara.

Google Glass rencananya akan dipasarkan mulai Mei 2013. Khusus untuk para developer, tersedia edisi Explorer yang dibanderol USD 1.500. Sedangkan untuk masyarakat umum dijadwalkan baru tersedia 2014 mendatang.

About banistuti

I'm not a perfect person There's many things I wish I didn't do But I continue learning ★☆。.:*:・゚★('-^v) (y)◦°˚(y)

Posted on May 3, 2013, in Berita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: